Kamis, 08 Juli 2010

Hal kecil yang dapat menyebabkan stress


Hal Kecil yang Dapat Menyebabkan Stres  

Christina/Astrid Anastasia
08/07/2010 12:02 | Kesehatan
Liputan6.com, California: Ternyata stres, tidak juga selalu disebabkan oleh hal-hal yang besar. Sesuatu yang sepele saja sudah mampu memicu produksi hormon kortisol, yang dapat membuat Anda sebentar-sebentar mengeluh dan akhirnya stres. Berikut adalah hal-hal kecil yang dapat menyebabkan stres:

1. Komputer
Melihat informasi dan kerja menggunakan komputer di zaman seperti sekarang ini, merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan lagi. Namun terlalu lama "bergaul" dengan komputer juga dapat berdampak pada kesehatan. Riset terbaru menunjukan, saat berhadapan dengan komputer, lengan dan bahu langsung berubah menjadi tegang, deru napas pun lebih cepat. "Membaca terlalu banyak informasi memang bisa membuat kita stres, dan mempengaruhi kondisi fisik tubuh," jelas Dr. Phyllis Goldberg, PhD, pakar dari Marina Del Ray, California.

2. Kamar Tidur
Ruang tempat beristirahat ini mestinya Anda ciptakan senyaman mungkin. Jangan biasakan pakaian bekas, buku-buku, dan barang-barang lainnya berantakan di sekitar tempat tidur, atau bahkan di atas tempat tidur. Kondisi rumah yang berantakan akan membuat Anda sulit bahagia yang bisa berujung pada depresi.

3. Binatang Peliharaan
Terkadang memiliki sahabat kecil dapat membuat hidup Anda menjadi bahagia dan lebih berwarna. Namun lain jika halnya peliharaan Anda sudah mulai bertingkah mengganggu pola tidur Anda, membuat rumah berantakan, dan menggonggong setiap malam. Maka segeralah bawa hewan peliharaan Anda ke dokter hewan atau menyewa pelatih anjing untuk mengajari piaraan Anda bersikap lebih baik.(preventionindonesia.com/AST/AYB)

1 komentar: